Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu H. Taufiqurrohim
PRINGSEWU – Diera modern saat ini peluang untuk berbuat kebaikan dan keburukan sangat mudah sekali. Perkembangan teknologi tidak saja memberikan peluang kepada lisan kita untuk beramal sholeh namun juga memberi kesempatan untuk berbuat amal salah. Saat ini, jari jemari kita juga bisa berperan dalam menghantarkan kita masuk ke surga ataupun masuk ke neraka.

“Terkadang saat ini jari jemari kita lebih tajam dari mulut ketika berkomentar di media sosial dan ini sesungguhnya menunjukkan kualitas kepribadian kita sebenarnya,” Demikian dikatakan Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu H. Taufiqurrohim menyikapi fenomena perkembangan internet khususnya media sosial yang saat ini luar biasa mempengaruhi kehidupan manusia.

“Perkembangan teknologi adalah sebuah keniscayaan. Kita tidak bisa menghindarinya. Kita tidak boleh apatis terhadap perkembangan teknologi. Kita harus memanfaatkannya untuk hal positif dan taqorrub kepada Allah SWT,” tambahnya didepan Jamaah Jihad Pagi di Aula Kantor NU Pringsewu, Ahad (12/3/17).

Mas Taufik, begitu Ia biasa dipanggil menambahkan bahwa kebebasan mengeluarkan pendapat yang ada di media sosial hendaknya diiringi dengan modal agama agar dapat mengarahkan kita kepada hal-hal yang membawa manfaat.

“Dengan tangan, kita bisa menyampaikan pesan dalam wujud kebaikan maupun kebencian ke seluruh dunia. Namun kita harus ingat kata bijak bahwa Dengan teknologi hidup menjadi mudah, dengan seni hidup menjadi indah dan dengan Agama hidup menjadi terarah,” jelasnya.

Jika kita mampu menjaga sikap sehingga orang lain selamat dari keburukan lidah dan tangan kita, maka kita termasuk dalam golongan sebaik-baik orang Mu’min. Hal ini menurutnya sudah disabdakan nabi dalam hadits riwayat Tobroni yang termaktub pada kita Mukhtarul Hadits nomor 223 yang menjadi rujukan pada Ngaji Ahad tersebut.

Dalam hadits tersebut Nabi SAW mengingatkan empat hal yang bisa menjadi kelebihan seorang mukmin yaitu sebaik baik orang mukmin adalah orang menyelamatkan orang islam lainnya dari lidah dan tangannya. Selain itu sebaik-baik muslim adalah yang paling baik akhlaqnya, sebaik-baik hijrah adalah hijrah dari apa yang di larang Allah SWT dan sebaik-baik jihad adalah jihad terhadap diri sendiri. (Muhammad Faizin)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here