Pringsewu. Ratusan warga Gadingrejo Timur kecamatan Gadingrejo Pringsewu berbondong-bondong menuju Halaman Krandegan Residence untuk mengikuti sholat Istisqa (Ahad,22/09)

Warga yang mulai berdatangan dari pukul 06.30 wib ini terus membaca istighfar. Ada diantara mereka juga membawa serta hewan ternak yaitu Kambing saat menuju lokasi Sholat.

Tepat pukul 07.00 wib, Jama’ah telah bersiap melaksanakan sholat Istisqo. Bertindak sebagai khotib ustad Alip Priyanto, ketua ranting NU dan Ustad Harun Arrasyid, Syuriah ranting NU setempat.

Usai Sholat Istisqo dua rokaat disambung dengan khutbah. Dalam khotbahnya khotib mengajak untuk intropeksi diri dan bertaubat kepada Allah swt.
“Saat nya kita perlu muhasabah diri, karena banyak kesalahan, banyak dosa dan kekhilafan, sehingga Allah menunda rahmat Nya, berupa hujan yang deras, oleh karena itu pada kesempatan ini Khotib mengajak jamaah bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat. Kita Mohon kepada Allah agar menurunkan Rahmat Nya berupa hujan.”Ajaknya diiringi beberapa jamaah meneteskan air mata.

Ustad Alip Priyanto juga mengingatkan bahwa kekeringan, kebakaran hutan dan bencana asap akibat karhutla yang melanda beberapa daerah di Indonesia nerupakan ujian dari Allah.
“ini merupakan cobaan dan ujian dari Allah. Maka mari kita perbanyak taubat dan istighfar. Jauhi maksiat agar Allah memberikan ampunan sehingga kita dikarunia air hujan dan keberkahan dariNya.” Pesanya.

Santunan anak yatim oleh PHBI Gadingrejo Timur

Dihubungi nupringsewu online, Eko Prayitno selaku koordinator kegiatan ini mengatakan sangat prihatin atas kemarau panjang di daerahnya.
“Kita prihatin banyak areal persawahan milik warga telah lama mengalami kekeringan dan tidak produktif. Hewan ternak juga sulit mendapatkan rumput hingga mulai menurunya debit air sumur di rumah warga.”Tuturnya.

Untuk itu Eko yang merupakan alumni Pendidikan kader Penggerak (PKP) NU bersama PHBI dan aparat desa setempat menggerakkan Sholat istisqo berjamaah yang masih dalam rangkaian kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah.
“Sebelum sholat Istisqo sudah diadakan santunan kepada Anak yatim pada tanggal 8 September yang lalu.” Pungkasnya.(junaSr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here