Kupas Tuntas Tentang Wudlu

0
138
Foto:bukamatanews

FIQH WUDLU BAGIAN 1

1️.Pengertian Bahasa

فصل): في فروض الوضوء. وهو بضم الواو في الأشهر اسم للفعل، وهو المراد هنا وبفتح الواو اسم لما يتوضأ به، ويشتمل الأول على فروض وسنن،

(Fasal) menjelaskan wardlu-wardlu wudlu’

Lafadz “al wudlu’” dengan terbaca dlammah huruf waunya, menurut pendapat yang paling masyhur adalah nama pekerjaannya. Dan dengan terbaca fathah huruf wa’unya “al wadlu’” adalah nama barang yang digunakan untuk melakukan wudlu’.

Lafadz yang pertama (al wudlu’) mencakup beberapa fardlu dan beberapa kesunnahan.

2️.Keutamaan Wudlu

Nabi Muhammad ﷺ bersabda :

لَايُسْبِغُ عَبْدٌ الوُضُوْءَ إلَّا غَفَرَ اللهُ لَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَاتَأَخَّرَ
“Tidak ada seorang hamba yang menyempurnakan wudlunya, kecuali diampuni dosa-dosa yang telah dan belum ia berikan.” (HR. Al-Bazzar)

Fardlu Wudlu
Fardlunya wudlu ada 6.
a) Pertama , niat. Bentuk niat wudlu adalah niat menghilangkan hadats, niat wudlu atau niat bersuci untuk melaksanakan sholat. Waktu pelaksanaan niat adalah ketika pembahsuhan awal bagian wajib, karena yang dipertimbangkan dalam niat adalah bagian fardlu.

b) Kedua , membasuh wajah. Dinamakan wajah karena anggota badan yang digunakan untuk bertatap muka, yang diambil dari kata ‘muwajahah’. Batas panjang wajah adalah mulai tempat tumbuhnya rambut kepala hingga batas akhir kedua janggut, sedangkan lebarnya adalah diantara kedua telinga.
-Hukum membasuh bulu di wajah
Wajib membasuh seluruh bulu yang tumbuh diwajah, luar dalam. Kecuali jenggot dan jambang (godek) yang tebal, hanya wajib membasuh bagian luarnya saja, tidak bagian dalamnya. Namun sunnah untuk menyela-nyelai keduanya dari arah bawah dengan tangan kanan.
-Batasan jenggot tebal dan tipis
Jenggot yang tebal adalah jenggot yang tidak terlihat kulit dibawahnya saat berbincang-bincang (kira-kira jarak satu meter setengah).

Sedangkan yang tipis adalah yang dapat terlihat kulit di bawahnya. Batasan bagian luar jenggot adalah bagian yang tampak dipermukaan wajah, sedangkan bagian selain ini adalah bagian dalam jenggot.

c) Ketiga , membasuh kedua tangan hingga kedua siku.
Siku adalah dua tulang yang nampak diantara lengan bawah dan lengan atas. Setiap tangan memiliki dua siku. Wajib membasuh sebagian lengan atas guna memastikan terbasuhnya seluruh tangan, berdasarkan faedah fiqih :
“Perkara yang menyempurnakan hal yang wajib, hukumnya juga wajib”.

d) Keempat, mengusap sebagian kulit atau rambut kepala.
Dan sudah dihukumi sah hanya dengan mengusap sebagian dari sehelai rambut. Syarat rambut yang sah untuk diusap adalah rambut yang ketika ditarik tidak akan keluar dari batas kepala melalui jalur turunnya.

e) Kelima , membasuh kedua kaki hingga kedua mata kaki.
Mata kaki adalah dua tulang yang nampak (menonjol) diantara telapak kaki dan betis. Wajib membasuh sebagian betis guna memastikan bahwa seluruh kaki terbasuh.

f) Keenam , tartib.
Karena sesungguhnya Rasulullah ﷺ melaksankan wudlu dengan cara tertib. Imam Syafi’i berkata : “Sesungguhnya Allah swt menyebutkan anggota yang diusap diantara dua anggota yang dibasuhi itu karena faedah tertib.”

Baca juga :Kupas Tuntas Soal Wudlu #2

Penutup

Wajib melaksanakan wudlu dengan cara tertib, kecuali dalam satu permasalahan, yaitu ketika menyelam di air meskipun hanya sebentar saja disertai niat wudlu saat menyelam.

Maka dalam keadaan ini kewajiban tertib menjadi gugur. Ini adalah pendapat yang kuat menurut Imam An-Nawawi, karena sesungguhnya tertib telah terlaksanakan dalam waktu yang sangat sebentar, yang tidak bisa diketahui oleh mata. Sedangkan menurut Imam ar-Rafi’i, wajib berdiam diri di air dalam waktu yang dimungkinkan bisa mengira gerakan tertib.

والله أعلم بالصواب
sumber : al-Taqrirat
al-Sadidah.
oleh : Ustadzah Hesti Ayu
Tim Ilmiah PP Daarul Hidayah Sukoharjo Jawa tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here