Ramaikan HSN 2020 Kabupaten Pringsewu,Gowes Sarungan Banyak antusias

0
62

Pringsewu, nupringsewu.or.id Ahad pagi 18 Oktober 2020 tepat dipemakaman umum KH.Gholib pringsewu datang rombongan pesepeda dari berbagai penjuru kabupaten pringsewu mengikuti gowes sarungan tersebut Disamping  masyarakat umum yang mengikuti,bahkah Bupati Kabupaten Pringsewu Yang juga Mustasyar PCNU Kabupaten Pringsewu KH.Sujadi Saddat beliau Antusias mengikuti acara

Sesuai dengan tema hari santri tahun ini Santri Sehat Indonesia Kuat,Pagi ini menarik sekali karena semua peserta membawa atribut sarungnya masing masing Mulai anak-anak hingga orang tua, mereka membawa sepeda masing-masing untuk ikut serta menyemarakkan Gowes Santri Nusantara Atau Gowes sarungan dalam rangka Hari Santri 2020 tingkat kabupaten setempat. Uniknya, semua peserta mengenakan kostum khas santri yakni sarungan dan berkopiah.

Bukan hanya peserta, Bupati Pringsewu, KH Sujadi yang memimpin dan ikut serta dalam gowes tersebut juga mengenakan sarung dipadu dengan kaos Hari Santri. “Santri harus sehat jasmani dan rohani. Al-Aqlus salim fil jismis salim. Fil jismil salim fil qalbi salim. (Akal yang sehat itu berada pada jasad yang sehat. Di dalam jasad yang sehat terdapat hati yang sehat pula),” kata bupati yang merupakan santri alumni Pesantren Al-Asariyyah Kalibeber, Wonosobo, Jawa Tengah ini. Selain mengenakan sarung, peserta juga ada yang mengenakan berbagai kostum menarik lainnya yang mencirikan para santri seperti jubah, dan udeng-udeng. Ada juga yang tampil dengan pakaian khas Jawa yang dipadu dengan sarung yang mencirikan bahwa santri tidak akan lepas dari budaya Nusantara yang luhur.

Peserta gowes yang dilepas oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pringsewu, KH Hambali menempuh rute sekitar 5 kilometer mengelilingi Kota Pringsewu. Star dipemakaman umum KH.Gholib lalu dilanjutkan dengan tempat peristirahatan di Islamic Center dan finish gowes tersebut  berakhir di Gedung Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu.

Ketua Hari Santri 2020 Kabupaten Pringsewu, H Munawir mengatakan bahwa gowes tersebut merupakan agenda kegiatan rutin dilaksanakan pada rangkaian peringatan Hari Santri setiap tahunnya dikabupaten pringsewu walaupum tahun ini dalam masa pandemi covid 19.

Dengan gowes sarungan ini ia berharap syiar santri bisa lebih tersebar keseluruh masyarakat. “Santri memiliki kekhasan kostum sendiri di antaranya sarung. Dan ini kita padukan dengan sepeda sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Sehingga selain sehat, santri juga ramah lingkungan dan tetap menjaga identitasnya,” kata Kiai Munawir kepada nupringsewu.or.id

Selain para santri, kegiatan gowes ini juga diikuti berbagai komunitas sepeda onthel yang ada di Kabupaten Pringsewu,Untuk lebih memeriahkan acara, panitia juga sudah menyiapkan berbagai hadia dan door prize di antaranya 5 unit Magicom dan berbagai peralatan rumah tangga seperti kompor gas, kipas angin dan handphone. Disediakan juga hadiah berupa kaos, peci,dan sarung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here