Berlangsung Khidmah,PAC Muslimat NU Sukoharjo dilantik

nurpingsewuonline,Sejak berdiri pada 1926, NU menjadi organisasi Islam yang hanya diisi anggota dari kaum laki-laki. Para ulama setempat pada saat itu masih menyepakati, belum masanya perempuan aktif di dalam organisasi.

Barulah ketika Kongres NU ke-15 di Surabaya pada 1940, keadaannya mulai inklusif. KH Dahlan Pasuruan dan sahabat-sahabatnya gencar melakukan lobi kepada para pengurus NU untuk menyatukan suara tentang pentingnya memberi ruang kepada Muslimah yang ingin aktif di organisasi tersebut.Usulan Kiai Dahlan pun sampai ke PBNU Syuriah.

Akhirnya, dia berhasil mendapatkan persetujuan dari Hadratus Syekh Hasyim Asy’arie dan KH A Wahab Chasbullah. Untuk selanjutnya, pembicaraan beralih ke soal perumusan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi untuk perempuan NU. Dalam hal ini, KH Dahlan dibantu Aziz Dijar.

Pada penutupan Kongres NU ke-16 di Purwokerto, Jawa Tengah, secara resmi Nahdloetul Oelama Muslimat (NOM) dibentuk. Peristiwa itu terjadi pada 29 Maret 1946. NOM bervisi sebagai wadah perjuangan wanita Islam ahlus sunnah wa al-jamaah (aswaja) yang berkiprah untuk agama, bangsa dan negara.

Chadidjah, yakni istri Kiai Dahlan Pasuruan, dipercaya sebagai ketuanya. Jabatan itu terus diembannya hingga dua tahun berikutnya. Pada Muktamar NU ke-19 di Palembang, Sumatra Selatan, tanggal 28 Mei 1952, NOM diubah menjadi badan otonom di bawah NU. Namanya diganti menjadi Muslimat NU.

Tepat pada hari Ahad(23/1), bertempat di lapangan Pekon Sukoharjo II Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU Sukoharjo dilantik untuk masa kepengurusan periode 2021-2025,hadir sejumlah tamu undangan,Tokoh agama, Tokoh masyarakat aparatur pemerintah daerah kabupaten Pringsewu, Drs.H.Rudito Pujihardono Camat Sukoharjo, Sigit Puji astowo kepala Pekon Sukoharjo II, Marsandi Kepala Pekon Sukoharjo I ,KH.Munawir Wakil Ketua PCNU Pringsewu,Ust.Irsadul Ibad Ketua MWC NU, Hj.Ani Fitriyani , Sejumlah Pengurus PC Muslimat Pringsewu,Banom dan Lembaga se-kecamatan Sukoharjo.

Acara yang berlangsung Hidmah dan menyejukkan berlangsung dengan lancar hingga akhir acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an lalu dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya,mars Syubanul Wathan,mars muslimat dan Mars Pringsewu lalu di tutup dengan sholawat Nabi.

Dalam penyampaian sambutannya ketua PC Muslimat NU Pringsewu Hj.Ani Fitriani menyampaikan banyak hal diantaranya beliau mengapresiasi semua kaum muslimat NU yang terus memegang teguh tradisi ahlussunah waljama’ah, seprti hari yang bahagia ini pelantikan pengurus PAC Muslimat NU Sukoharjo dan triwulan Muslimat,

“Sudah dua tahun lebih kita pending sementara semua kegiatan termasuk pelantikan dan triwulan ini, tentunya jamaah yang hadir disini sangat merindukan momen seperti ini, bahkan banyak pengurus yang meneteskan air mata karena hari ini baru saja terselenggara acara yang sangat dinantikan dua tahun lebih lamanya,” ujar Bunda Ani sapaan karibnya.

Disamping itu beliau menyampaikan pula gagasan mulia dari pada kaum ibu nahdliyyin bahwasanya perempuan pun harus berdikari dan menyesuaikan perannya masing-masing,” Saya ucapkan terimakasih dan selamat kepada pengurus PAC Muslimat NU Sukoharjo yang baru dilantik setelah dilantik ini saya berharap kita tetap semngat dan merapatkan barisan kembali setelah sekian lama kita istirahat,tentunya segala macam acara yang berkaitan dengan NU muslimat selalu menggandeng tangan dari semua Banom dan lembaga yang ada di NU karena menyatu untuk bersinergi dalam berjuang di Jam’iyah Nahdlatul Ulama” pungkas Hj.Ani Sobri.

Hal senada disampaikan pula oleh camat Sukoharjo Drs. H. Rudito Pujihardono yang menyampaikan sambutannya atas nama pemerintah daerah,bahwa beliau bahagia dengan adanya kehadiran muslimat NU dikecamatan sukoharjo ini mampu membawa keberkahan tersendiri dari kecamatan Sukoharjo menuju kabupaten Pringsewu yang Bersahaja menjadi baldatun toyibatun warobbun Ghofur.

Lalu setelah acara sambutan selesai dilanjutkan dengan Mauidhatul Hasanah yang disampaikan oleh Hj.Halimah yang memberikan petuah dan semangat kepada kaum ibu Muslimat.

Pelantikan Pengurus PAC Muslimat NU yang baru ini diharapkan membawa perubahan yang baik kedepannya dan mempertahankan nilai-nilai luhur yang telah dilaksanakan oleh pengurus sebelumnya dengan itu Hj.Ani Fitriani Shobri

Hal senada disampaikan pula oleh camat Sukoharjo Drs. H. Rudito Pujihardono yang menyampaikan sambutannya atas nama pemerintah daerah,bahwa beliau bahagia dengan adanya kehadiran muslimat NU dikecamatan sukoharjo ini mampu membawa keberkahan tersendiri dari kecamatan Sukoharjo menuju kabupaten Pringsewu yang Bersahaja menjadi baldatun toyibatun warobbun Ghofur.

Lalu setelah acara sambutan selesai dilanjutkan dengan Mauidhatul Hasanah yang disampaikan oleh Hj.Halimah yang memberikan petuah dan semangat kepada kaum ibu Muslimat.

Pelantikan Pengurus PAC Muslimat NU yang baru ini diharapkan membawa perubahan yang baik kedepannya dan mempertahankan nilai-nilai luhur yang telah dilaksanakan oleh pengurus sebelumnya dengan itu Hj.Ani Fitriani Shobri melantik pengurus PAC Muslimat NU Sukoharjo masa Hidmah 2021-2025 dengan susunan sebagai berikut

Ketua : Dra . Etik Juhaeni

Wakil Ketua : Makiyah

Sekretaris : Hj. Sri Lestari Sinun

Bendahara : Hj.Kiptiyah

Kordinator hukum dan adfokat :Hj.Purwati

Kordinator agrobisnis :Hj. Aida Puspita dan lainya.

Kontributor : Malik Fajar

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

Forsilaspa Training Center (FTC) Gelar Pelatihan Qoriah

Pringsewu. Bertempat di Pondok Pesantren Nurul Ummah pekon Gemahripah Pagelaran Pringsewu Lampung tiap hari Ahad …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.