Budaya Buka Puasa Bersama Sangat Positif Perkuat Tali Persaudaraan

BANDARLAMPUNG – Saat hadir memberikan tausiyah pada Kegiatan Buka Puasa Bersama yang dilaksanakan oleh Civitas Akademika Universitas Lampung, Senin (12/6/17), Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung KH. Dr. Khaeruddin Tahmid mengatakan bahwa budaya Buka Puasa merupakan budaya yang sangat positif untuk mempererat persaudaraan dan tali silaturahmi.

“Pertemuan yang penuh barakah ini dapat digunanakan sebagai sarana untuk bersilaturrahim. Bertemu secara fisik, bermusafahah, kemudian saling mendoakan satu sama lain,” katanya pada kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Lt. 4, Rektorat Unila tersebut.

Demikian besar manfaat silaturahmi melalui budaya buka puasa seperti ini, Kiai yang memiliki selera humor tinggi ini berharap acara tersebut juga dapat meningkatkan saling pengertian, saling memperkuat dan saling bekerja sama membangun Unila agar lebih maju dimasa yang akan datang.

“Mumpung kita bisa bertemu di acara bukber yang barakah ini, ketemu semua jajaran Civitas Akademika Unila, Rektor, Wakil-Wakil Rektor, Kepala Biro, Dekan, Wakil Dekan, Darmawanita, dan para pejabat, kita gunakan secara optimal untuk memperkuat persaudaraan sesama warga kampus yang sudah terbangun secara baik selama ini, Allahumma amin,” harapnya pada acara yang menghadirkan Qori kondang Taufiq Rizal ini.

Selain itu lanjut Dosen UIN Raden Intan Lampung ini, dari silaturahmi berbuka puasa tersebut juga dapat dijadikan wahana silatul fikri atau tukar fikiran, wawasan, pengetahuan untuk pencerahan di bulan yang penuh berkah ini.

“Buka Puasa bersama ini juga dapat digunakan untuk menyamakan persepsi, pemahaman, dan frekwensi suasana kebatinan dilingkungan kampus Unila nan asri ini. Dalam agamanya disebut sebagai silatul qolbi warruh,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Unila Hasriadi Mat Akin yang menyatakan bahwa disela kesibukan kampus yang tidak henti diperlukan kegiatan keagamaan seperti Buka Puasa bersama dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Banyak yang dapat kita petik dari kegiatan ini, diantaranya adalah untuk memperkokoh tali persaudaraan sesama warga kampus. Disamping itu, kegiatan relegius ini diharapkan dapat terbangun sinergisitas tiga kecedersan yang sangat dibutuhkan, yaitu kecerdasan intelektual, emosional/sosial dan spritual,” katanya seraya berharap seluruh civitas akademika Unila meraih tujuan pokok puasa yaitu terwujudnya manusia taqwa yang sebenar-benarnya.

Selain menggelar Buka Puasa Bersama lanjutnya, kegiatan keagamaan lainnya juga akan terus dilaksanakan oleh Unila seperti dalam waktu dekat akan melaksanakan halal bil halal.

“Kegiatan keagamaan seperti ini akan terus dilakukan oleh Unila, dan insya Allah pada bulan Syawwal nanti kita akan adakan Halal bil Halal dan kita rencanakan untuk menghadirkan rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M, Ag,” ujarnya. (Muhammad Faizin)

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

KH. Marzuqi Mustamar Bakal Hadir Di Pringsewu Lampung

NUPringsewu | Dr. K.H. Marzuqi Mustamar, M.Ag. adalah Pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Kota Malang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.