Buktikan Shalat Kita Mampu Mencegah Perbuatan Keji dan Munkar

0
212
Pembina Ibadah MAN 1 Pringsewu Triyanto, S.Pd | FOTO : Muhammad Faidzin

PRINGSEWU – Dalam Al Quran disebutkan bahwa Shalat merupakan ibadah yang dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Mengingatkan pentingnya ayat tersebut, Pembina Ibadah MAN 1 Pringsewu Triyanto, S.Pd mengajak siswa dan siswi Madrasah setempat untuk merealisasikan perintah Allah tersebut.

“Jaga shalat kita baik kualitas maupun kuantitas. Mari kita juga aplikasikan ayat bahwa Innas Sholaata Tanha Anil Fakhsa wal Munkar (Sesungguhnya Shalat Mampu Mencegah Perbuatan Keji dan Munkar),” ajaknya saat memberikan penjelasan hal tersebut setelah Shalat Dzuhur berjamaah di Masjid Jabal Nur Kampus Madrasah setempat, Rabu (19/4).

Penjelasan Guru SKI ini juga merupakan penjelasan dan penjabaran dari Materi Kuliah Tujuh Menit yang disampaikan oleh Abdul Wahid salah satu siswa dari kelas XI A1.

Dalam Kultum yang rutin dilaksanakan mengiringi kegiatan Shalat Dzuhur berjamaah ini, Wahid mengingatkan dan mengajak untuk memperbaiki kualitas dibulan Rajab kali ini.

“Shalat adalah kebutuhan bagi manusia selama hidup didunia,” kata ketua kelas ini.

Ia mengibaratkan bahwa shalat itu seperti air sungai yang akan senantiasa membersihkan semua kotoran dan sampah yang ada.

“Jika kita sering melakukan shalat maka insyaallah segala kotoran dan dosa dalam kehidupan akan hilang,” katanya.

Sebagai tiang agama, shalat menurut Wahid juga merupakan hal yang penting dan merupakan elemen yang akan memperkokoh agama Islam.

“Mari jaga kualitas shalat kita dengan berjamaah karena pahalanya 27 derajat lebih dari shalat sendiri,” pungkasnya. (Muhammad Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here