Bulog Gandeng Pengusaha Nahdliyin Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Bandar Lampung. Upaya Bulog dalam usaha mewujudkan ketahanan pangan melalui program Rumah Pangan Kita (RPK ) kembali digiatkan dengan menggandeng Jaringan Pengusaha Nahdliyin(JPN) di Wilayah Lampung.

Badan Usaha Milik Negara(BUMN) yang mempunyai tiga visi yakni mewujudkan ketahanan pangan melalui stok pangan yang cukup, akses dan harga yang terjangkau oleh masyarakat dan melakukan stabilisasi harga ini bertekad, bersama Nahdliyin menggeliatkan ekonomi di tingkat bawah.
“sesuai visi Bulog tadi, kami berharap melalui RPK akan terwujud kemandirian ekonomi berbasis kerakyatan.” Jelas Ridwan dari Tim Divre Bulog Lampung di Lt 2 Gedung Bintang Foundation Universitas Malahayati Lampung (13/09)

Ridwan mendorong melalui JPN yang ada dilampung harapanya program RPK dapat menyebar sampai ke tingkat desa atau ranting NU sehingga mampu menambah income keluarga. Ia optimis sebab dengan modal kecil dan dengan memanfaatkan ruangan rumah yang ada komoditi dari Progam RPK bulog sudah dapat dipasarkan.
“modal dua juta bisa jualan beras, tepung, minyak dan gula.Teras atau Garasi dirumah bisa buat buka usaha” Terangnya.

Setidaknya ada lima komoditi yang ditawarkan bulog yaitu Minyak Goreng, Beras, terigu, gulapasir dan telor kesemuanya bermerk Kita.
Pihaknya juga mempermudah proses pendirian RPK baik perorangan maupun lembaga.
“Cukup mengisi Formulir, melampirkan Fotokopi KTP dan KK, surat pengantar usaha dari RT/RW. Serahkan ke kami, Belanja minimal dua juta sudah bisa langsung jualan.”Imbuhnya.

Ditempat yang sama, program RPK Bulog disambut baik oleh rektor Malahayati, Dr.Muhammad Kadafi.Ia pun menyarankan agar program ini dapat diserap oleh komunitas Pesantren yang ada di wilayah Lampung.
“Melalui Kopontren(Koperasi Pondok Pesantren) saya menyambut positif program ini.” Katanya.

Tokoh muda yang beberapa waktu lalu didaulat sebagai Panglima Santri oleh tokoh-tokoh NU Lampung ini juga berpesan agar program RPK dapat benar-benar meningkatkan kemandirian ekonomi kaum bawah sehingga dapat meningkatkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus masalah kesenjangan ekonomi dapat segera teratasi.

Ia pun menambahkan Bulog sebagi garda depan ketahanan pangan untuk berpihak pada rakyat dengan terus menyerap hasil pertanian dan melindungi harga komoditas petani agar stabil dan menguntungkan rakyat kecil.
“Saya yakin bila program Bulog yang berbasis kerakyatan ini di jalankan dengan baik, Insya Allah petani makmur.” Pungkas pria yang juga Ketua Kadin Lampung yang akan berkompetisi sebagai caleg DPR RI Dapil 1 tahun depan ini.

Terpisah, Ketua Bidang Ekonomi PBNU Umarsyah HS yang sedianya hadir, turut mendukung sosialisasi RPK oleh Bulog tersebut. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut amanah Muktamar PBNU tentang percepatan perekonomian .
“Kita berharap sosialisasi ini dapat membantu masyarakat mengakses peluang usaha dalam bidang pangan dengan modal kecil. Dengan dukungan Bulog, saya yakin ketersediaan sembako dengan harga terjangkau dapat terrealisasi. “Ujarnya saat dihubungi via phone.(JunaSr)

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

KH. Marzuqi Mustamar Bakal Hadir Di Pringsewu Lampung

NUPringsewu | Dr. K.H. Marzuqi Mustamar, M.Ag. adalah Pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Kota Malang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.