Forsilaspa Training Center (FTC) Gelar Pelatihan Qoriah

Pringsewu. Bertempat di Pondok Pesantren Nurul Ummah pekon Gemahripah Pagelaran Pringsewu Lampung tiap hari Ahad Pagi pukul 9.00 WIB digelar Forsilaspa Training Center (FTC) bidang Seni membaca Al Qur’an atau Qiro’ah.

FTC Qiroah diikuti oleh para santri perwakilan dari Taman Pendidikan Al Quran( TPQ) dan remaja masjid (Risma) berasal dari beberapa pekon yang ada di kecamatan Pagelaran. Nampak para santri dan risma ini hidmat mengikuti tilawah al Quran yang dibimbing oleh ustadz Mahmud.

FTC Qiroah merupakan program penggalian potensi santri yang tergabung di dalam Forum Silaturahmi Anak Shalih Pagelaran ( FORSILASPA). Tilawah/Qiroah sendiri merupakan keterampilan membaca al Quran dengan melafalkan huruf-hurufnya sesuai kaidah tajwid disertai dengan irama atau ‘dilagukan’. Oleh sebab itu di kegiatan ini peserta diajarkan melantunkan Al Quran dengan suara merdu dan indah sesuai ilmu An Naghom fil Quran seperti irama Bayati, Hijaz, Shaba dan lainya.

“Lagu/ naghom itu yang kita ajarkan kepada santri agar bacaan al Quran terdengar indah. Dan yang terpenting santri harus sering berlatih, berani mengeluarkan suaranya. Al Quran kan berpahala jadi harus seing-sering dibaca.” Kata ustad Mahmud.

Diketahui, Forsilaspa adalah wadah silaturahmi para santri , risma dan IPNU/IPPNU yang rutin tiap sebulan sekali menggelar pembacaan sholawat Nabi yang dikenal dengan ‘Haflah Shalawat’. Di samping bersholawat, rutinan bergilir antar pekon ini juga menampilkan perform santri seperti MC, Khitobah, Puisi dan tari islami, parade hadroh dan lain-lain. Dengan Adanya Forsilaspa orang tua merasa bahagia karena anak-anaknya mendapatkan saluran kegiatan positif yang bermanfaat.

“Al hamdulillah program Forsilaspa berjalan baik dan positif, ibu-ibu Fatayat juga support, bahkan sudah mulai ada yang ikut FTC”. Ujar ustadz H. Ahmad Zaini, pembina Forsilaspa dan pengasuh PP. Nurul Ummah.

Ustadz Ahmad berharap Forsilaspa dapat berkontribusi dalam pembinaan akhlak dan ilmu bagi generasi muda khususnya di kecamatan Pagelaran. DItambahkanya FTC nantinya juga akan dikembangkan spesialisasinya sesuai bakat dan minat santri, diantaranya, pelatihan Public Speaking, Pidato, Konten Kreator islami, Manajemen dan kurikulum TPQ dan Parenting.[junaSr]

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

Menyala!!! Perkuat Internal, PC Fatayat NU Pringsewu Adakan Family Gathering

NUPringsewu| 23-24 Mei 2024 PC Fatayat NU Pringsewu mengadakan Family Gathering dan wisata religi ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.