Harapan Besar Muncul Bibit Prestasi dari KSM dan AKSIOMA Pringsewu 2017

0
187
Teknikal meeting Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) | FOTO : Muhammad Faidzin

PRINGSEWU – Pada tahun ini, Ajang kompetisi bergengsi untuk para pelajar Madrasah yaitu Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) kembali di gelar di Kabupaten pringsewu. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu hari, Rabu 26 April 2016 di Kampus MTs N 2 Pringsewu.

Kegiatan ini bertujuan untuk terus mendorong siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Ketua Pelaksana Kegiatan tersebut Drs. Nauval berharap ajang ini mampu meningkatkan mutu pendidikan sains secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

“Sesuai dengan Juknis Kegiatan Pada tahun 2017 ini, KSM dan Aksioma tingkat Kabupaten Pringsewu tahun 2017 akan mempertandingkan beberapa jenis lomba mata pelajaran, seni dan olahraga,” katanya disela-sela teknikal meeting yang dilaksanakan dilokasi lomba, Selasa (25/4/17).

Untuk Lomba KSM tingkat MI lanjutnya akan memperlombakan pelajaran Matematika dan IPA. Tingkat MTs memperlombakan pelajaran Matematika, Biologi dan Fisika serta Tingkat MA memperlombakan pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. “Disetiap pelajaran tersebut juga akan ditambah dengan pelajaran Agama Islam untuk seluruh tingkatan,” jelasnya.

Sementara untuk AKSIOMA tingkat MI menurutnya akan mempertandingkan olahraga dan seni yang meliputi MTQ dan Pidato Bahasa Indonesia untuk Putra dan Puteri. Bagi Tingkat MTs akan mempertandingkan MTQ, Pidato Bahasa Arab, Kaligrafi, Tahfidz, Hadroh, Bulu Tangkis dan Tenis Meja untuk putera dan puteri. Sedangkan tingkat MA akan mempertandingkan Lomba MTQ, Pidato Bahasa Inggris, Kaligrafi, Madrasah Singer, Bulu Tangkis dan Tenis Meja untuk Putera dan Puteri.

“Khusus bagi tingkat MA diperlombakan juga Pertandingan futsal yang diperuntukkan bagi pelajar Putra. Sementara untuk perlombaan Bulu Tangkis serta Tenis Meja pelajar MTs dan MA hanya mempertandingkan Cabang Tunggal putera dan tunggal puteri,” kata Kepala MAN 1 Pringsewu ini.

Pada kesempatan tersebut Ia menyampaikan teimakasih kepada panitia dan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Terkhusus kami ucapkan terima kasih kepada Civitas Akademika MTs N 2 Pringsewu yang telah menjadi tuan rumah kompetisi ini,” ujarnya.

Ia berharap besar akan muncul bibit-bibit prestasi dari pelajar Madrasah di Kabupaten Pringsewu yang bisa diorbitkan pada tingkat nasional maupun internasional.

“Selamat berkompetisi serta mari kita sukseskan pagelaran ini dan kita harus optimis ada salah satu pelajar Madrasah di Kabupaten Pringsewu yang akan dapat tampil di Ajang KSM dan Aksioma keenam tingkat Nasional tahun 2017 di Provinsi Yogyakarta,” pungkasnya. (Muhammad Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here