Jelang Ramadan, Makam Kyai Gholib Ramai di Kunjungi Peziarah

Pringsewu. Seperti kebiasaan masyarakat Nahdliyin di Nusantara, Bulan sya’ban seolah menjadi momentum yang pas untuk berziarah ke makam para Wali dan tokoh agama terkenal. Pada bulan ini makam-makam tersebut ramai di kunjungi baik oleh masyarakat setempat hingga peziarah dari luar daerah.

Seperti pantaun NU Pringsewu pada Rabu, 1 mei 2019 sekitar pukul 8.30 wib, makam KH.Gholib nampak ramai oleh para peziarah.

Peziarah yang datang berrombongan ini kebanyakan menggunakan mobil bus, truk dan mobil pribadi.

Salah seorang peziarah sebut saja Zaid, mengatakan ia dan rombongan berziarah ke makam kh.Gholib rutin tiap tahunya mendekati bulan suci ramadhan.
“saya dan rombongan dari sinar banten Talang padang.” Kata pria yang juga santri Darul Ahkam Talangpadang kabupaten Tanggamus.

Rombongan peziarah dari kab.Tanggamus Lampung
KH.Gholib adalah ulama besar dan tokoh penyebar agama islam di Pringsewu juga pejuang kemerdekaan.

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa perjuangan KH.Gholib,Pemda kabupaten Pringsewu terus berbenah melengkapi fasilitas umum yang ada dan menjadikan area makam dan masjid Jami KH.Gholib sebagai kawasan wisata religi kabupaten Pringsewu.

Selama ini tercatat, makam KH Gholib maupun Masjid Jami KH Gholib yang berada di Pringsewu utara ini banyak dikunjungi oleh para peziarah, terutama dari luar wilayah Lampung, seperti dari pulau Jawa, dan Sumatera sendiri, bahkan tak jarang dari luar negeri.(junaSr)

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

KH. Marzuqi Mustamar Bakal Hadir Di Pringsewu Lampung

NUPringsewu | Dr. K.H. Marzuqi Mustamar, M.Ag. adalah Pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Kota Malang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.