MA Maarif Keputran Sigap Hadapi Perubahan Sistem Ujian Nasional 2017

PRINGSEWU – Setiap tahunnya, Pelaksanaan Ujian Nasional bagi pelajar SLTA terus mengalami perubahan mekanisme mengikuti kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam rangka perbaikan hasil kegiatan dan mutu hasil.

Beberapa perubahan yang terjadi pada tahun 2017 ini diantaranya penambahan beberapa sekolah atau madrasah yang melaksanakan ujian tidak lagi menggunakan ujian berbasis kertas atau paper based test namun menggunakan jaringan komputer yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK.

Perubahan lain dalam ujian yang tahun ini digelar mulai Senin (10/4) sampai dengan Kamis (13/4) ini adalah perubahan mata pelajaran yang diujikan kepada para peserta.

“Pada tahun ini ada 3 pelajaran wajib bagi siswa dan satu pelajaran pilihan sesuai dengan jurusan masing-masing,” Demikian dikatakan Kepala MA Maarif Keputran Kabupaten Pringsewu Irsadul Ibad disela kesibukan persiapan ujian.

Irsad menambahkan bahwa pelajaran wajib bagi seluruh siswa meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Sementara pelajaran pilihan untuk jurusan IPS meliputi Geografi, Sosiologi dan Ekonomi serta Jurusan IPA meliputi Biologi, Kimia dan Fisika.

“Setiap harinya hanya ada satu mata pelajaran yang diujikan. Mata pelajaran pilihan akan di laksanakan pada hari terakhir ujian dan masing masing siswa sudah menentukan pilihannya masing-masing sebelum pelaksanaan ujian,” kata Irsad menjelaskan Ujian di Madrasahnya yang pada tahun ini masih menggunakan sistem Paper Based Test, Senin (10/4).

Irsad menjelaskan juga bahwa pada tahun ini ada 123 siswa MA Ma’arif Keputran yang ikut pada Ujian Nasinal 2017.

“Ada 7 ruangan yang kita pakai dan sistem pengawasan menggunakan sistem silang. Jadi pengawas ujian berasal dari Madrasah lain,” paparnya tentang sistem kepengawasan di Madrasah Swasta Favorit di Kabupaten Pringsewu ini.

Dengan beberapa perubahan sistem ini Ia berharap kualitas dari proses persiapan, pelaksanaan dan hasil dari ujian nasional setiap tahunnya akan semakin meningkat.

“Semoga dapat berjalan lancar dan selamat melaksanakan Ujian Nasional 2017 bagi seluruh pelajar Sekolah dan Madrasah,” pungkasnya. (Muhammad Faizin)

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

Upaya Normalisasi KBM, Guru Mulai Divaksin Covid-19 pada 24 Februari

Akibat pandemi Covid-19, pendidikan menjadi salah satu sektor yang paling terdampak dengan diterapkannya kebijakan pembelajaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *