Pancasila Tidak Boleh Dipertentangkan Dengan Al Quran

PRINGSEWU – Mustasyar PCNU Kabupaten Pringsewu yang juga Bupati Pringsewu KH. Sujadi mengatakan bahwa beberapa kelompok saat ini sudah bergerak ingin menghancurkan NKRI dengan merubah Ideologi Pancasila kepada ideologi yang mereka miliki. Kelompok yang berfaham kanan ingin merubah Indonesia menjadi negara agama sementara kelompok faham kiri ingin merubah Indonesia menjadi Negara Komunis.

Melihat kondisi ini sudah seharusnya warga Indonesia ikut mewaspadai gerakan ini. Walaupun tidak sama dengan Al Quran, Menurutnya Pancasila adalah merupakan cerminan dari Al Quran yang didalamnya terdapat ringkasan-ringkasan yang ada dalam sila Pancasila. Setiap sila yang ada dalam Pancasila terdapat dalam Al Quran.

Abah Sujadi, begitu Ia akrab disapa mengibaratkan Al Quran dan Pancasila seperti Badan kita dan bayangan badan kita saat bercermin di kaca.

“Al Quran tidak boleh dipertentangkan dengan Pancasila. Dan Al Quran juga tidak sama dengan Al Quran,” katanya pada kegiatan Ngaji Ahad (Jihad) pagi yang dilaksanakan di Gedung NU Pringsewu, Ahad (23/5/17).

Abah Sujadi juga mengingatkan komitmen berdirinya NKRI dengan Ideologi Pancasila ini melalui salah satu Hadits Nabi yang artinya bahwa Orang-Orang Islam adalah tergantung dengan komitmen awalnya.

Indonesia sudah berkomitmen diawal terbentuknya, dengan menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Oleh karenanya Ia menghimbau untuk mempertahankan ideologi tersebut.

Kalau komitmen menjaga Ideologi Pancasila diniati dengan Ibadah dan untuk menjaga kemaslahatan bersama, maka sesuai dengan Firman Allah dalam Surat Quraisy, Allah akan melindungi kita.

Sehingganya Ia mengajak kepada selurih Ummat Islam untuk menjadikan Ibadah sebagai pondasi dalam menjalankan semua amal didunia.

“Mari kita terus beribadah, beribadah, dan beribadah. Awalnya Ibadah, prosesnya Ibadah dan akhirnyapun Ibadah,” pungkasnya. (Muhammad Faizin)

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

Khatam Juz 9 Tafsir Jalalain, KH Sujadi Ajak Syukuri Nikmat dari Allah SWT

Pringsewu, nuonline. Pengajian kitab tafsir jalalain oleh KH. Sujadi Saddat sudah memasuki khatam juz 9. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.