PBNU Luncurkan Program Bersih-Bersih Masjid Berkah

JAKARTA – Ketua PBNU Bidang Dakwah dan Takmir Masjid, KH Abdul Manan Ghani mengatakan bahwa dari 800 ribu masjid yang ada di Indonesia, 80 persennya adalah masjid NU. Ia berharap Masjid-Masjid tersebut dapat dimaksimalisasi fungsinya baik untuk dakwah maupun Ibadah.

Hal tersebut disampaikannya saat hadir pada acara peluncuran kegiatan Bersih-Bersih Masjid Berkah (BBM Berkah) di Masjid An-Nahdlah Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (18/5).

Ia berharap dengan diadakannya BBM Berkah yang akan dilakukan secara serentak mulai 19-25 Mei 2017 tersebut nantinya Masjid akan dapat membangkitkan ekonomi umat dan juga bisa menyapa umat lebih dekat.

Hal ini sesuai dengan Pesan Sunan Gunung Jati yaitu bahwa Ia menitipkan masjid dengan memberdayakan fakir miskin. “Jadi dari miskin harus berdaya, jangan miskin terus,” tegasnya pada Kegiatan BBM Berkah PBNU yang sekaligus dalam rangka menyambut datangnya Bulan Ramadhan ini.

Kegiatan BBM berkah di Ibukota Jakarta, lanjutnya, akan ada melibatkan sekitar 100 masjid yang akan dibersihkan tim PBNU. Kegiatan ini juga diharapkannya dapat menjadi motivasi dan semangat pengurus PWNU dan PCNU untuk melakukan kegiatan serupa.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan BBM, Ali Sobirin mengatakan bahwa sebenarnya kegiatan yang ditujukan untuk menghidupkan kembali Masjid tersebut sudah pernah dilakukan sejak akhir 2013. Namun pada tahun ini diluncurkan bersamaan secara nasional.

Oleh karena itu, Ali Shobirin yang juga Wakil Sekretaris Lembaga Ta’mir Masjid (LTM) PBNU ini mengajak seluruh ummat Muslim untuk ikut andil berpartisasi dalam kegiatan ini. Kegiatan BBM bisa dilakukan seperti membersihkan alas atau karpet di masjid, membersihkan dan mengelap kaca Masjid, membersihkan mimbar, dan membersihkan tempat wudlu ataupun WC.

Hadir pada Acara tersebut perwakilan pengurus masjid dari berbagai daerah seperti Bandung, Bogor, Bekasi, Tangerang, Banten, dan DKI Jakarta. (Muhammad Faizin)

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

KH. Marzuqi Mustamar Bakal Hadir Di Pringsewu Lampung

NUPringsewu | Dr. K.H. Marzuqi Mustamar, M.Ag. adalah Pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Kota Malang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.