PPTQ AL-HUSNA BUKIT RAJAWALI dan PPM BAITUL QUR’AN Pringsewu adakan mujahadah sambut awal tahun Hijriyah 1444 H

Masjid An-Najmatun Nasri yg berada di lingkungan komplek PP di jadikan sebagai tempat di laksanakan mujahadah sambut awal tahun, kegiatan ini di ikuti dan di hadiri oleh seluruh asatidz dan santri sekitar 210 an orang, Hadir juga dlm kesempatan itu Ust.Rohmani, S.Pd dari ambarawa dan KH.Jurumi al-Hafizh salah satu dewan hakim Provinsi Lampung di cabang 30 Juz dan Tafsir. Jumat, 29 juli 2022

Dr.KH. Abdul Hamid M.Pd.I al-Hafizh selaku pendiri dan pengasuh PP tersebut dalam sambutannya mengatakan:

bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan, yg mana ini merupakan ciri khas NU, setiap warga nahdhyyin dan pondok pesantren selalu sambut awal tahun Hijriyah dgn Mujahadah dan doa bersama.

Doktor Lulusan UIN RIL tahun 2018 ini juga menyampaikan, setelah mujahadah seluruh santri di ajak untuk meminum *SUSU PUTIH*,

Tabarukan dan Tafa’ulan pada Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki. Setiap kali masuk 1 Muharram, beliau selalu membagikan susu kepada santri-santrinya.

WAKTU :
Malam 1 Muharram sebelum Subuh.

FADHILAH :
TAFA’ULAN (Melakukan sesuatu dengan harapan mirip dengan sesuatu itu) :
Tafa’ulan meminta agar sepanjang tahun dijadikan tahun yang putih, tahun yang bersih, tahun melakukan kebaikan-kebaikan.

DO’A MINUM SUSU PUTIH

ُ‎اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَزِدْنَا مِنْه
“Ya Allah, berkahilah minuman kami dan tambahkanlah darinya (rezeki) pada kami”

Di dalam Susu terdapat Anugerah yang telah dipersiapkan Allah Ta’ala untuk Umat Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam khususnya untuk anak. Karena Susu menentukan kesempurnaan tumbuhnya Anak.

Oleh sebab itu dalam Do’a ditambah kata ُوَزِدْنَا مِنْه
Ta Do’a ini hanya khusus pada minuman Susu, tidak pada minuman lainnya meskipun Madu.

Keutamaan Susu ada dalam Kitabullah dan Hadits Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam.

FADHILAH SUSU, diantaranya :

1. Menumbuh kembangkan pertumbuhan Anak.
2. Susu mencukupi (Mengenyangkan) kebutuhan makan minum Anak.
3. Susu tidak bikin perut anak mules.
4. Saat Isra’ Mi’raj, Susu adalah pilihan Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam yakni saat Malaikat Jibril menyuguhkan Khomr dan Susu. Dan Susu adalah tanda Kefitrahan Umat Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam.

Beliau yg juga sebagai ketua RMI ( Asossiasi Pondok Pesantren NU) menegaskan, bahwa tabarukan ini juga pernah di contohkan oleh nabi zakariya ( surat ali imron ayat 38), nabi zakariya saja tabarukan ( mujuahadah dan doa ) pada mihrabnya Maryam, sehingga hasil tabarukan itu, beliau di karuniai keturunan ug bernama nabi Yahya.

Setelah seluruh santri minum susu, pengasuh PPTQ AL-HUSNA BUKIT RAJAWALI mengarahkan pada santri untuk menulis basmalah sebanyak 113,

Dengan cara, satu Hendak nya menulis bismillahirrahmanirrahim menggunakan bahasa Arab, seperti (بسم الله الر حمن الر حيم)

Kedua di tulis di kertas putih polos

Ketiga, Dimulai setelah magrib atau muncul hilal (bulan muda) di malam bulan Muharram dan berakhir adzan besok malam.

Keempat, ditulis dalam keadaan suci, baik dari hadas kecil atau besar.

Kelima, menulisnya Menghadap kiblat.

Keenam, usahakan dalam menulisnya tidak berbicara dengan siapapun

Ketujuh, Berniat daf’ul bala (tolak balak), tahshin (benteng), dan jalbul manafi’ (memperoleh manfaat) dengan bertabarruk kepada ayat Al-Qur’an dan bulan yang dimuliakan, yaitu bulan Muharram.

Menurut Syekh Muhyiddin Zadah dalam kitab Hasyiyah Tafsir al-Baidhawiy juz 1 halaman 45, sebagaimana dikutip dari riwayat Khalifah Umar bin Abdul Aziz bahwa dalam menulis basmalah untuk menghormati dan memuliakan al-Qur’an, hendaknya dalam menulis di panjangkannya huruf Ba (ب) dan (penjelas) dengan huruf Sin (س) dengan giginya dan bulatkan huruf Mim (م) dengan lubang ketika menulis bismillah (بسم الله).(miftah)

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

Komandan Kodim Tanggamus kunjungi PPTQ AL-Husna Bukit Rajawali Podomoro.

Senin, 29 Agustus 2022 Dandim 0424/Tanggamus: Letkol Arm Micha Arruan kunjungi PPTQ AL-Husna Bukit Rajawali, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.