Santri Lintas TPQ Peringati HUT Kemerdekaan dengan Sholawatan

Pringsewu, Ratusan anak dan remaja santri dari sejumlah TPQ di kecamatan Pagelaran kabupaten Pringsewu menggelar Sholawatan dan doa bersama untuk memperingati HUT kemerdekaan RI yang ke-72 yang dilangsungkan di TPQ Baitussalam pekon Blitar Patoman Pagelaran(17/08/17).

Para santri yang hadir yang mayoritas masih didampingi orang tua mereka ini tampak bersemangat. Mengenakan busana putih dan peci yang dililit pita merah putih sambil mengibarkan bendera kecil, anak-anak ini terus melantunkan sholawat maulid adiba’i diiring tabuhan Hadroh nan harmonis.

Gelaran Sholawatan yang rutin diadakan tiap malam Jumat Kliwon yang dikenal dengan FORSILASPA(Forum Silaturahmi Anak Soleh Pagelaran) ini selain bertujuan memupuk kecintaan kepada Baginda nabi Muhammad SAW,sekaligus menanamkan semenjak usia dini kecintaan pada Tanah air Indonesia dan mendoakan para Ulama dan Kyai serta Pahlawan Kusuma bangsa yang telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
“Ingat, wahai para santri kita bisa ngaji dan belajar ini karena jasa para Ulama, kita dapat belajar dengan tenang dan aman karena jasa-jasa Pahlawan kita sehingga Indonesia dapat merdeka dan terlepas dari belenggu penjajahan.” Kata ustadzah Lutfia, pengasuh TPQ Baitussalam mengingatkan.

Gema sholawat makin Hidmat dan membangkitkan jiwa nasionalisme saat terakhir bait sampai “Mahalul Qiyam”,hadirin yang berdiri mengumandangkan lagu ‘Indonesia raya. Kemudian, usai lagu karya WR.Soepratman ini dinyanyikan, suasana yang sebelumnya hening, terasa bersemangat dan gembira ria saat disambung dengan mars ’17 Agustus tahun 45’.

Diakhir acara setelah ditutup dengan doa bersama, dilanjutkan dengan makan bersama ala santri yakni makan tanpa sendok dengan porsi satu nampan besar dinikmati rame-rame.(JunaSr)

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

KH. Marzuqi Mustamar Bakal Hadir Di Pringsewu Lampung

NUPringsewu | Dr. K.H. Marzuqi Mustamar, M.Ag. adalah Pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Kota Malang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.