Tingkatkan ketrampilan menulis, LTN NU Pringsewu adakan pelatihan jurnalis

nupringsewu.or.id – Lembaga Ta’alif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Pringsewu mengadakan pelatihan jurnalis secara online pada Sabtu (11/9) dengan mengusung tema “Jurnalis Untuk Umat”.
Pelatihan jurnalis ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan kader-kader NU dalam kepenulisan maupun pengelolaan media sosial. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua LTN NU Pringsewu, Hasbi Athoillah saat memberi sambutan pada webinar tersebut, Sabtu (11/09).

Pada kesempatan kali ini, LTN NU Pringsewu juga menghadirkan Bupati Pringsewu yang memberikan keynote speaker.

“Dunia jurnalistik sangatlah penting bagi kita. Hal ini terwujuddengan adanya undang-undang ITE, sehingga diperlukan integritas yang cukup bagi para jurnalis. Saya sangat mengapresiasi acara ini, dan berharap banyak tercetak wartawan-wartawan handal melalui acara seperti ini,” ungkap Bupati Pringsewu, K.H. Sujadi Saddat saat menyampaikan sambutannya.

“Tidak hanya pelatihan, LTN NU bekerja sama dengan Komunitas IT (KomIT) Pringsewu bersedia membuatkan website bagi banom, lembaga, organisasi keagamaan, ataupun rumah ibadah secara gratis. Selain itu kami juga akan membimbing pengelolaan website tersebut secara intensif,” tambah Hasbi Athoillah.

Ada 2 materi yang menjadi titik fokus pelatihan kali ini. Materi pertama adalah etika jurnalistik, yang disampaikan oleh wartawan senior Radar Lampung, Agus Suwignyo. Sedangkan materi kedua adalah konsep dasar jurnalistik oleh redaktur NU Online sekaligus Sekretaris PCNU Pringsewu, H. Muhammad Faizin.

Pelatihan jurnalis ini tidak hanya diikuti oleh warga Pringsewu saja, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia. Walaupun melalui aplikasi zoom dan live streaming Facebook dan Youtube, itu tidak menjadi alasan untuk menyurutkan semangat peserta dalam mengikuti pelatihan ini.

Foto bersama bapak Bupati Pringsewu dan Pemateri

Antusiasme peserta juga terlihat dari jumlah pendaftar dan penanya pada webinar tersebut. Beragam pertanyaan disampaikan dari cara pengambilan berita, hingga menyangkut dengan keresahan digitalisasi informasi.

“Acara ini sangat bagus, dengan pemateri yang luar biasa. Saya harap pelatihan-pelatihan ini tetap diadakan dengan berbagai topik.” Ujar salah satu peserta, Ayu Meilani, asal Pardasuka.

 

Pewarta : M. Fikril

Editor : Nuri Resti

 

 

 

 

 

About Admin

Istiqomah dalam Berkhidmah

Check Also

Ilham Rizaldi, Anggota Banser Pringsewu Lampung Berpulang

NUPringsewu| Innalilahi Wa Innalilahi Rojiun, 26 Mei 2024 bertepatan Ahad Pon tanggal 17 Dzulqoidah 1445 …

2 comments

  1. Informasi saja untuk pengelola radio kita ini sering berubah lagu lagu dan tiba tiba-tiba baca Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.